Saat Menanam akan Berbuah Sedekah


Oleh Dewi Khairani

Bismillahirrahmanirrahim,

Ketika kecil, bunda pernah memberikan pilihan kepada saya untuk menanam beberapa tanaman buah di depan halaman, alasan yang bunda katakan saat itu cukup sederhana “biar teduh pekarangan kita”. Jadilah saya mulai menebar-nebar segala biji tumbuhan yang saya punya: jeruk, pepaya, cabai, jambu biji, hingga mangga. Waktu berlalu, halaman rumah saya mulai menghijau dan teduh, bahkan kami sempat memiliki sebuah pohon beringin yang ukurannya ‘lumayan’.

Namun ada satu lagi kebahagiaan yang saya rasakan saat itu adalah ketika pohon buah mulai mengeluarkan buah-buahnya yang berwarna-warni dan tentunya lezat rasanya. Saya mulai telaten merawat setiap bunga yang muncul, untuk jambu biji setiap bunga yang telah rontok maka saya akan melindunginya dengan plastik bening agar terhindar dari kupu-kupu ulat. Saya bahkan sempat melarang siapapun untuk menyentuh bakal buah yang telah saya rawat.

Pada saat waktunya saya memetik buah-buahan tersebut, rasa bahagia tak terkira di hati ini. Apalagi ketika saya melihat buah-buah tersebut besar, dan bersih. Tak jarang, kami membawa buah-buah tersebut ke tetangga atau ke rumak nenek saya. Bundapun selalu mengungkit betapa telatennya saya merawat buah-buah tersebut, pujian yang selalu membuat hati seorang anak kecil bahagia.

Tidak, saat itu saya belum tau bahwa Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda lewat hadist yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik rodhiyallohu ‘anhu:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا, أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلَمِنْهُ طَيْرٌأَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيْمَةٌ ٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ

“Tidaklah seorang muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman kemudian hasil tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan (tanaman tersebut) menjadi sedekah baginya. ”

Ketika saya mengetahui hadist di atas, saya sudah cukup usia untuk memahami betapa tinggi posisi kebermanfaatan seseorang manusia dalam Islam, pun walau dia hanya dapat menanam sebuah pohon.
Jika kita renungkan lebih lanjut, memang sungguh mulia tugas para penanam itu. Tidak saja mereka berguna bagi manusia sebagai orang yang membantu menyediakan makanan yang merupakan kebutuhan dasar manusia, mereka juga secara tidak langsung membantu makhluk Allah yang lain, misalnya burung, lebah hingga serangga kecil seperti semut.

Saya juga semakin meyakini bahwa Islam adalah rahmatan lil’alamin. Islam memposisikan hubungan antar makhluk Allah yang lain sama pentingnya dengan hubungan antar manusia dan hubungan kepada Allah itu sendiri. Ketika mungkin pada awalnya niat kita menanam sebuah pohon adalah untuk diri sendiri, namun ketika kemudian pohon tersebut memberikan manfaat kepada yang lain, maka kita mendapatkan sebuah kebaikan sedekah di sisi Allah hingga akhir kiamat.

Dari Jabir bin Abdullah rodhiyallohu ‘anhu dia berkata, telah bersabda Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam:
Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat. ”

Subhanallah, Maha Suci Allah dengan Segala KebijaksanaanNya, maka marilah kita tidak melupakan untuk bersyukur atas segala rizki yang Allah limpahkan. Terlebih dalam bulan Ramadhan ini ketika mungkin di belahan bumi Allah yang lain saudara kita kesulitan memperoleh makanan, bersyukurlah kita ketika kita masih dikelilingi oleh makanan yang halal lagi baik.

Dari Anas rodhiyallohu ‘anhu dia berkata, telah bersabda Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam: “Sesungguhnya Allah Ridha terhadap seseorang, yang apabila makan makanan, ia memuji kepada-Nya”.

Wallahu’alam bishshowab

Leave a Reply

