Manfaat, Khasiat Daun Sirih


Daun sirih sejenis tanaman merambat, kalau dikampung-kampung (mungkin dikota juga masih ada) sering banget dimakan dan dikunyah. Biasanya daun sirih ini dikunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Jadi ingat waktu dikampung dulu, nenek sering banget ngunyah itu. Malah kadang daun sirih ini dulu sering dibuat obat, untuk sakit mata biasanya dan kekuatan gigi.

Daun sirih sebagai tanaman asli Indonesia biasanya tumbuh merambat, tapi lebih sering bersandar pada batang pohon. Sebenarnya daun sirih ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Terutama manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa kandungan yang terdapat pada minyak atsiri yang dihasilkan oleh daun sirih adalah minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih

Dulu waktu dikampung daun sirih ini memiliki banyak khasiat, dan mungkin sudah umum juga sih. Beberapa khasiat daun sirih yang saya ketahui adalah untuk menghilangkan bau badan, mengurangi / menghentikan pendarahan, membantu penyembuhan luka di kulit dan gangguan saluran pencernaan.

Dan beberapa manfaat daun sirih lainnya yang saya baca dari beberapa sumber adalah bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih sebenarnya banyak sekali. Seperti misalnya manfaat daun sirih merah sebagai ramuan atau terapi bagi penderita yang tidak dapat disembuhkan dengan obat kimia. Khasiat daun sirih merah ini digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan karena salah satu khasiat dari sirih merah adalah sebagai antiseptik, yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk membilas organ kewanitaan. Dan khasiat lainnya seperti obat tradisional untuk mengatasi penyakit seperti kencing manis, kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan dan maag, peradangan, hipertensi (darah tinggi), dan ambien.

Kegunaan Daun Sirih:
– Batuk
– Sariawan
– Bronchitis
– Jerawat
– Keputihan
– Sakit gigi karena berlubang (daunnya)
– Demam berdarah
– Bau mulut
– Haid tidak teratur
– Asma
– Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)
– Gusi bengkak (getahnya)
– Membersihkan Mata
– Bau ketiak

Untuk Obat Luar:
– Eksim
– Luka bakar
– Koreng (pyodermi)
– Kurap kaki
– Bisul
– Mimisan
– Sakit mata
– Perdarahan gusi
– Mengurangi produksi ASI yang berlebihan
– Menghilangkan gatal

Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun sirih yang sumbernya bisa dilihat secara lengkap disini. Semoga membantu.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: