Perusahaan keuangan Terkemuka AS minta perlindungan Pailit akibat krisis Eropa


Ketika masyarakat di negara-negara Barat sedang ramai merayakan hari raya tradisional Halloween tanggal 31 Oktober lalu, perusahaan MR Global yang merupakan agen komoditi berjangka terkenal Amerika Serikat tiba-tiba mengajukan permohonan perlindungan pailit kepada pangadilan kebangkrutan Distrik Selatan New York, dan sempat mendorong para investor melempar saham yang berada di tangannya. Wall Street menghadapi krisis kepercayaan yang serius. Berhubung MF Global menaruh taruhan besar pada utang Eropa, maka permintaan perlindungan palit MF Global juga dilihat sebagai peringatan meluasnya krisis utang Eropa ke Wall Street.

MF Global adalah lembaga keuangan Amerika Serikat pertama yang bangkrut terimbas krisis utang Eropa, juga lembaga keuangan internasional utama kedua yang jatuh dalam krisis utang Eropa. Maka begitu kabar kebangkrutan itu tersiar segera menimbulkan keguncangan di pasar keuangan Amerika Serikat.

MF Global yang memiliki reputasi di sektor keuangan adalah salah satu perusahaan pialang produk derivatif dan komoditi berjangka yang berpengaruh dan memiliki keanggotaan lebih 70 bursa komoditi berjangka dan perdagangan komoditi di dunia, juga salah satu dari 22 penjamin emisi tingkat satu surat utang negara yang ditunjuk pemerintah Amerika Serikat.

Khawatir akan risiko sangat besar MF Global yang berkaitan dengan utang Eropa akan menimbulkan kerugian lebih lanjut bagi penerimaan perusahaan, banyak lembaga pemeringkat telah menurunkan peringkat kredit MF Global, ada yang bahkan menurunkannya sampai tingkat “sampah”, sehingga harga saham MF Global jatuh 67 persen atau menyusut dua pertiga nilai sahamnya di bursa dalam waktu tidak sampai satu minggu. Perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan bisnis MF Global mendesaknya agar mengucurkan lebih banyak dana pada portofolio asetnya untuk menstabilakan sentimen pasar, namun yang terjadi justru kebalikannya bahwa laporan keuangan kuartal ketiga perusahaan tersebut sekali lagi menunjukkan merugi dan menjatuhkan lagi harga sahamnya. Kemudian, MF Global menetapkan plafon kredit 1,3 miliar dolar Amerika bagi dirinya untuk menyelamatkan situasi perusahaan, namun jumlah itu jauh daripada cukup bagi MF Global dewasa ini, maka terpaksa mengajukan permohonan perlindungan pailit.

Yang menarik perhatian luas masyarakat sekarang ini adalah apakah tindakan MF Global itu akan memicu efek domino, krisis utang Eropa yang situasinya masih tetap tidak jelas itu apakah akan menimbulkan imbas yang lebih serius bagi lembaga keuangan global sehingga membahayakan keamanan sejumlah bank yang skalanya lebih besar, dan lebih bersifat sistemik pentingnya. Ada pula yang mengkhawatirkan permintaan perlindungan pailit MF Global itu akan menjadi prelude meledaknya krisis keuangan kedua seperti perusahaan Lehman Brothers tiga tahun lalu.

Namun sebagian besar analis pasar menyatakan, akibat kebangkrutan MF Global tidak akan separah seperti kebangkrutan Lehman Brothers, skalanya juga tidak cukup besar untuk memicu risiko sistemik dalam sistem keuangan Amerika Serikat, tapi hal ini sudah cukup untuk membunyikan lonceng peringatan tentang meluasnya krisis utang Eropa ke Wall Street.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: