Memulai Bisnis Sampingan untuk Karyawan


Anda yang sudah bekerja sebagai karyawan bisa memulai untuk melirik bisnis sampingan. Selain bisa menambah penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan, bisnis sampingan juga dapat memperluas jaringan serta mempererat silaturahim.

Kenapa Harus Bisnis Sampingan?

Ada banyak alasan untuk memulai bisnis sampingan. Selain ingin menambah penghasilan yang kadang masih kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, menjalani bisnis sampingan juga jadi alternatif sebagai pijakan setelah pensiun atau jika terjadi PHK mendadak. Setidaknya, memulai bisnis sampingan tidak harus keluar modal besar atau mencari segmen pasar yang baru. Mulailah dari rekan kerja, tetangga rumah, kerabat dekat, atau masyarakat sekitar. Nah, salah satu bisnis sampingan yang dapat dilakukan oleh seorang karyawan adalah berjualan sepatu dan tas yang merupakan kebutuhan bagi banyak orang yang berprofesi sebagai karyawan. Karena kebutuhan yang tinggi tersebut, bisnis berjualan sepatu dan tas menjadi potensial.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis berjualan sepatu dan tas adalah mencari barang dagangan dari produsen langsung atau di pusat pembuatan dan penjualan sepatu dan tas, seperti di daerah Cibaduyut. Setelah itu, untuk memasarkannya, Anda bisa menawarkan produk-produk tersebut kepada rekan kerja Anda di waktu istirahat maupun sepulang kerja asal tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Anda juga dapat memanfaatkan internet sebagai media pemasaran apalagi bisnis online kini sedang marak.

Berjualan sepatu dan tas tidak memerlukan modal yang besar, Anda bisa sesuaikan dengan dana yang ada. Biaya operasional juga tidak besar karena tidak perlu menyewa sebuah tempat sebagai lokasi usaha. Cukup bermodalkan katalog yang dibuat sendiri atau pun dari supplier, insyaAllah Anda sudah siap tempur. Namun, Anda juga harus berhati-hati karena persaingan di bisnis ini cukup ketat, apalagi dengan penjual yang sudah mempunyai toko. Oleh karena itu, Anda harus sering-sering mengikuti perkembangan mode sepatu dan tas yang banyak dicari oleh konsumen. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga silaturahim dengan pelanggan, buat pertemuan rutin atau arisan kecil-kecilan juga dapat Anda lakukan untuk memelihara silaturahim.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: