Kuanci Kesuksesan Bisnis, merealisasikan ide dalam bentuk rencanan



Menemukan ide bisnis itu merupakan anugerah yang tak terhingga, karena dalam relitanya tidak gampang menemukan ide bisnis, namun jika ide hanya sebatas angan angan anda tidak akan bisa merealisasikannya dalam bisnis yang nyata.

Para pengusaha yang top yang namanya sudah ter pampang di berbagai media, sering tak memikirkan tahapan-tahapan dalam merealisasikan ide, bahkan banyak pula anggapan bahwa kalau mau wiraswasta jangan membuat rencana yang macam-macam entar malah kandas di tengah perjalanan. Karena rencana hanya rencana realisasinya nol besar atau tidak jalan.

Tujuan membuat rencana bisnis yang tepat adalah : untuk memastikan jalannya operasi bisnis yang tepat dan memberikan dorongan pada rencana departemen.
Selain itu untuk memutuskan rute rute yang diperlukan organisasi dalam mencapai tujunnya sekaligus mematenkan standar untuk untuk menentukan kinerja bisnis. Yang tak kalah penting adalah : untuk memperoleh dukungan dari konsumen, investor bahkan pihak pihak lain.

Dalam bukunya Philip K. : setidaknya ada beberapa prosedur untuk dapat merealisasikan ide dalam bentuk rencana yaitu :
1. Pembangkitan gagasan 2. Penyaringan 3. Pengembangan dan Pengujian konsep 4. Strategi pemasaran 5. Pengembangan produk 6. Pengujian pasr 7. Koamersialisasi

Boleh saja ide yang diperoleh sangat luar biasa, tetapi harus tetap dikaji dalam berbagai hal :
1. Aspek ekonomis : Aspek ini mencakup Analisa pasar, penjualan, biaya produksi maupun profit margin. Aspek ini mengkaji sejauhmana tingkat keuntungan yang diperoleh dengan daya serap pasar yang ada dan kemampuan modal untuk menjalankan bisnis.

2. Aspek Teknis : aspek ini sangat penting untuk mengukur kemampuan untuk menjalankan bisis yang baik apakah dengan modal yang ada sudah mampu memproduksi barang/jasa yang bisa dijual, bagaimana dengan sumber daya manusia apakah mampu memberikan nilai tambah yang lebih baik pada konsumen sekaligus meminimalisasi kegagalan.

3. Aspek mase depan Bisnis : Aspek ini akan mengkaji lebih komprehensif mengenai masa depan bisnis anda. Jangan sampai bisnis yang kita geluti adalah bisis musiman, namun perencanaan yang kita terapkan adalah untuk bisnis yang permanent dan apakah mampu bisnis kita yang kita jalankan nanti menyerap pasar seperti ini. Inilah aspek yang perlu kita perhatikan secara seksama dan tuangkan dalam rencana bisnis.

Kuanci Kesuksesan Bisnis adalah memahami kesusesan bisnis dan menirunya. Tenggelamkan diri anda dalam buku buku dan majalah majalah kewirausahaan serta bisnis. Lihatlah bagaimana entrepreneur bekerja, perhatikan apa yang mereka katakana, dan tirulah. Tidak ada waktu untuk menemukan kembali roda bisnis.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: