//
you're reading...
Nasional

Siswa SMP Penemu Anti Virus ARTAV Dapat Beasiswa Kuliah di ITB


Hidayatullah.com–Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, yang juga Ketua Ikatan Alumni ITB, mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi inovator cilik, asal Bandung, Arrival Dwi Sentosa. Sebagaimana diketahui, siswa kelas dua SMP 48 di Bandung ini telah berhasil menciptakan salah satu program anti-virus terbaik di Indonesia berama ARTAV.

Menurut Hatta, pemerintah harus mendorong, memotivasi dan mengembangkan kreativitas anak-anak Indonesia yang berpotensi turut berperan dalam industri kreatif di masa depan.

ARTAV AntiVirus, bagi sebagian masih asing, karena ARTAV memang masih baru di banding SmadAV. Walau masih baru tapi ternyata ARTAV juga sangat mumpuni dalam melawan virus lokal ataupun global.

Bermula dari kekesalan karena virus kerap menyerang komputernya, Arrival Dwi Sentosa, berinisiatif menciptakan program anti-virus sejak awal 2009 lalu. Anti-virus tersebut ia buat dengan belajar secara otodidak dari berbagai sumber buku untuk pemula. Arrival yang sama sekali tidak memiliki latar belakang khusus di bidang teknologi informatika ini kemudian menamakan anti-virus ciptaannya dengan nama unik, “Nyit-Nyit.

“Tapi, seiring dengan banyaknya pengunduh yang berasal dari dalam dan luar negeri. Arrival kemudian mengganti nama antivirus ciptaannya dengan nama ARTAV, singkatan dari Arrival dan Taufik. Taufik adalah nama sang kakak yang turut membantu dalam hal desain anti-virus tersebut.

“(Programnya) saya buat dalam waktu sekitar satu tahun. Jadi, saya pribadi dulu (yang pakai) waktu itu, lalu saya kasih ke teman. Teman saya bilang bagus, lalu saya publikasikan ke internet”.

Hingga kini, sudah lebih dari 1,3 juta orang dari dalam dan luar negeri mengunduh anti-virus ARTAV. Beberapa negara yang sudah mengunduh anti-virus ini di antaranya Malaysia, India, Perancis, Jerman dan AS. Anti-virus lokal terbaik ketiga di Indonesia ini mampu melumpuhkan sekitar 1.031 jenis virus lokal dan internasional yang sering menyerang komputer.

Berkat prestasinya ini, Arrival diundang oleh civitas akademika Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menyampaikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa, dosen dan pakar telematika Indonesia.

Pakar telematika Indonesia yang juga anggota Komisi I DPR RI, Roy Suryo, menyebut pola pikir Arrival sudah melebihi anak-anak seusianya. Arrval tidak hanya sekadar menjadi pengguna, tapi juga berpikir untuk menciptakan sesuatu.

“Kalau lihat alasan dia membuat antivirus (adalah) gara-gara dulu pernah terkena virus. Biasanya kalau kena virus kita bikin virus lagi buat mengalahkan. Tetapi ini tidak, Arrival justru membuat anti-nya,” puji Roy Suryo saat mendengar pidato umum Arrival.

Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan membantu proses hak paten anti-virus Artav ke Dirjen Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Selain itu, ITB juga akan menganugerahkan beasiswa bagi Arrival untuk kuliah di ITB kelak.*

About these ads

About margono

Penulis Freeland

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Gambar

Asip

Awan

Amerika Membakar al Quran Anti Botik Bahaya Beberapa Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Merah untuk kesehatan dan kecantikan dalam kehidupan sehari-hari - Review By: Edo Bago Item Reviewed: Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Bekerja Sukses Belajar Bertaubat Biogas Cara Menanam Jahe Coca-Cola tidak laku Coca cola Kadal coca cola obral CPO daftar makanan dan minuman yang diawasi Dapampakminum antibiotik Ganti Merayakan Dengan Muhasabah Diri Haji Khusus Haji Paket Khusus Haji Paket Spesial Haji Spesial Haji Yang Bermakna Harga CPO Harga Jahe hikmah dibalik musibah Hukum merayakan ulang tahun Industri Tahu Ingin Buat Papor Italia diguncang gempa Jahe Merah Jasa pembuatan Paspor Jasa Pengurusa Tenaga Kerja Jasa pengurusa Tenaga kerja asing Jasa Tiket Kapal Laut Jasa Tiket Kereta Api Jasa Tiket Pesawat Kegunaan Buah Naga KHASIAT BUAH NAGA Kuanci Kesuksesan Bisnis Limbah Jadi biogas Limbah Tahu Making Business Plan Makin Percaya Diri memahami kesusesan bisnis Membuat Rencana Bisnis Membuka Jalan Terkabulnya Doa merealisasikan ide dalam bentuk rencana Minyak Sawit Motivasi Pandangan Islam Terhadap Ulang Tahun Panen Jahe Pengurusan Paspor Indonesia Pengurusan Pasport Pengurusan Paspor TKI Pesanan Tiket online Pesan Kiket Kapal laut Pesan Tiket Kereta Api Pesan Tiket pesawat PKS Ingin Menang Lagi PKS Menang ditengah badai Produksi CPO Quran dibakar Ribuan warga Italia menjadi pengungsi Sabar terhadap kemaksiatan Sabar terhadap ketaatan Sabar terhadap ketentuan dan musibah Sebab-Sebab Lemahnya Iman dan Cara Mengobatinya. Tanda-tanda hati yang mati Tanda-Tanda Hati yang Mati serta Obatnya Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Bertaubat tiga orang tewas Umrah ke Tanah Suci Umrah Murah Umrah Paket Ekonomis Wisata Hati
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: