//
you're reading...
al-Ghazali, Tausiyah

6 Pertanyaan al-Ghazali


Enam Pertanyaan Imam al-Ghazali      Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?. Orang tua, guru, teman, dan kerabatnya. Menurut Imam al-Ghazali , semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling benar adalah “kematian” KAJIAN: Suatu hari, Imam al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu Imam beliau  bertanya bebeapa hal.

Pertama, “Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?. “ Murid-muridnya ada yang menjawab orang tua, guru, teman, dan kerabatnya. Imam al-Ghazali menjelaskan semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita adalah “Mati”. Sebab itu sudah janji Allah SWT bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati. (QS. Ali Imran 185) 

Lalu Imam al-Ghazali meneruskan pertanyaan yang kedua. Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?”. Murid-muridnya ada yang menjawab negara Cina, bulan, matahari, dan bintang-bintang. Lalu Imam al-Ghazali menjelaskan bahwa semua jawaban yang mereka berikan adalah benar. Tapi yang paling benar, ujarnya, adalah “MASA LALU.”  Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama. 

Lalu Imam al-Ghazali meneruskan dengan pertanyaan yang ketiga. “Apa yang paling besar di dunia ini?”. Murid-muridnya ada yang menjawab gunung, bumi, dan matahari. Semua jawaban itu benar kata Imam Ghozali. Tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah “Nafsu” (QS. Al- a’araf: 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka. 

Pertanyaan keempat adalah, “Apa yang paling berat di dunia ini?”. 
Ada yang menjawab baja, besi, dan gajah. Semua jawaban sampean benar, kata Imam Ghozali, tapi yang paling berat adalah “memegang AMANAH” (QS. Al Ahzab 72). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi kalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak bisa memegang amanahnya. 

Pertanyaan yang kelima adalah, “Apa yang paling ringan di dunia ini?”. 
Ada yang menjawab kapas, angin, debu, dan daun-daunan. Semua itu benar kata Imam al-Ghazali. Namun menurut beliau yang paling ringan di dunia ini adalah ‘meninggalkan SHALAT’. Gara-gara pekerjaan kita tinggalkan shalat, gara-gara meeting kita juga tinggalkan shalat.
 

Lantas pertanyaan keenam adalah, “Apakah yang paling tajam di dunia ini?”. Murid-muridnya menjawab dengan serentak, pedang. Benar kata Imam al-Ghazali. Tapi yang paling tajam adalah “lidah MANUSIA”. Karena melalui lidah, manusia dengan gampangnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.  

About these ads

About margono

Penulis Freeland

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Gambar

Asip

Awan

Amerika Membakar al Quran Anti Botik Bahaya Beberapa Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Merah untuk kesehatan dan kecantikan dalam kehidupan sehari-hari - Review By: Edo Bago Item Reviewed: Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Bekerja Sukses Belajar Bertaubat Biogas Cara Menanam Jahe Coca-Cola tidak laku Coca cola Kadal coca cola obral CPO daftar makanan dan minuman yang diawasi Dapampakminum antibiotik Ganti Merayakan Dengan Muhasabah Diri Haji Khusus Haji Paket Khusus Haji Paket Spesial Haji Spesial Haji Yang Bermakna Harga CPO Harga Jahe hikmah dibalik musibah Hukum merayakan ulang tahun Industri Tahu Ingin Buat Papor Italia diguncang gempa Jahe Merah Jasa pembuatan Paspor Jasa Pengurusa Tenaga Kerja Jasa pengurusa Tenaga kerja asing Jasa Tiket Kapal Laut Jasa Tiket Kereta Api Jasa Tiket Pesawat Kegunaan Buah Naga KHASIAT BUAH NAGA Kuanci Kesuksesan Bisnis Limbah Jadi biogas Limbah Tahu Making Business Plan Makin Percaya Diri memahami kesusesan bisnis Membuat Rencana Bisnis Membuka Jalan Terkabulnya Doa merealisasikan ide dalam bentuk rencana Minyak Sawit Motivasi Pandangan Islam Terhadap Ulang Tahun Panen Jahe Pengurusan Paspor Indonesia Pengurusan Pasport Pengurusan Paspor TKI Pesanan Tiket online Pesan Kiket Kapal laut Pesan Tiket Kereta Api Pesan Tiket pesawat PKS Ingin Menang Lagi PKS Menang ditengah badai Produksi CPO Quran dibakar Ribuan warga Italia menjadi pengungsi Sabar terhadap kemaksiatan Sabar terhadap ketaatan Sabar terhadap ketentuan dan musibah Sebab-Sebab Lemahnya Iman dan Cara Mengobatinya. Tanda-tanda hati yang mati Tanda-Tanda Hati yang Mati serta Obatnya Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Bertaubat tiga orang tewas Umrah ke Tanah Suci Umrah Murah Umrah Paket Ekonomis Wisata Hati
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: